weblogUpdates.ping Jual komik lama / komik bekas / buku bekas online http://www.kinantikomik.com/ Blog - Komik bekas - Cari komik - Jual Komik - Novel Bekas buku bekas Murah Langka Online!: Sinopsis Komik Adolf

Sinopsis Komik Adolf

"Berlatar masa sebelum Perang Dunia II, Adolf 1 menceritakan takdir tiga orang bernama Adolf. Adolf Kaufmann--anak konsulat jenderal Jerman yang tinggal di Kobe--mengetahui rahasia Adolf Hitler lewat secarik kertas milik Adolf Kamil--anak pemilik toko kue keturunan Yahudi. Rahasia apakah itu? Bagaimana rahasia besar itu bisa sampai ke tangan mereka?".

Pantas saja jika Osamu Tezuka mendapat julukan 'Dewa Manga' dan 'Bapak Anime' karena karya-karyanya yang luar biasa, selain komik Buddha komik Adolf ini termasuk salah satu karya masterpiecenya. Sebenarnya cerita komik ini berat dan komplek tapi berkat cara bercerita yang dibawakan Osamu Tezuka menjadikan komik ini mengalir dan tidak terasa lima jilid telah saya habiskan.
Komik ini bercerita tentang nasib 3 orang bernama Adolf. Yang pertama, Adolf Kaufmann, anak seorang konsulat Jerman namun memiliki darah campuran Jepang dari sang ibu, Yukie. Yang kedua, Adolf Kamil warga Yahudi Jerman yang tinggal di Jepang bersama kedua orangtuanya yang mengelola toko kue. Yang ketiga adalah Adolf Hitler, Fuhrer Jerman yang terobsesi dengan menganggap ras Arya lebih dari ras lainnya sampai memicu terjadinya Perang Dunia II. Selain dari ketiga Adolf tadi ada karakter penting lainnya yaitu Souhei Touge seorang wartawan Jepang, walaupun dia hanya menganggap dirinya hanya sebagai figuran dalam kisah ini.
Berlin, Agustus 1936, Souhei Touge yang tengah meliput olimpiade mendadak mendapat telpon dari Isao, sang adik yang tengah menuntut ilmu di Jerman. Dengan suara yang penuh ketakutan, Isao meminta Touge untuk datang ke tempat kostnya. Touge datang terlambat dan dia menemukan adiknya telah mati dibunuh. Dari sini keanehan-keanehan mulai terjadi. Fakta kematian adiknya hilang begitu saja seakan adiknya tidak pernah ada di Jerman. Touge menjadi geram dan bersaha menyelidiki kematian Isao yang penuh misteri. Penyelidikannya membawa dirinya terhubung kepada sebuah dokumen rahasia yang ingin diserahkan Isao. Demi memenuhi janjinya kepada Isao, hidupnya menjadi hancur dan tidak mempunyai masa depan lagi. Dari mengalami siksaan yang dilakukan Gestapo, polisi Jepang, dipecat dari pekerjaan dan di awasi gerak geriknya oleh mereka yang tidak menginginkan dokumen itu tersebar.
Karakter yang terhubung lainnya adalah Adolf Kaufmann dan Adolf Kamil, dua sahabat sejak kecil. Kaufmaan tidak bisa menerima perintah dari ayahnya yang melarang bersahabat dengan Kamil hanya karena Kamil keturunan Yahudi. Kaufmann kesal dan sering menentang sang ayah karena tidak bisa menerima alasan tersebut. Sampai akhirnya dia dipaksa untuk sekolah ke Jerman masuk ke AHS sebuah sekolah elite yang mendidik anak-anak muda untuk menjadi pejabat Nazi. Disana Kaufmann dicekoki oleh pemikiran bahwa kaum Yahudi adalah parasit secara terus menerus. Pemikiran yang akan membuatnya menjadi berseberangan dengan Adolf Kamil sahabat karibnya.
Souhei Touge, Adolf Kauffman dan Adolf Kamil, tiga karakter inilah yang merupakan pusat dari cerita komik ini. Selain itu masih banyak karakter-karakter pendukung lainnya yang menjadi bagian penting dan menjadi jembatan penghubung termasuk tokoh Adolf Hitler yang digambarkan sebagai orang yang begitu keras namun memiliki sisi manusiawi dan lemah. Dari pengalaman membaca komik yang menampilkan banyak karakter seringkali ceritanya membingungkan. Tapi dalam komik Adolf tidak demikian walaupun banyak karakter namun semuanya jelas dan tidak membuat saya bertanya-tanya lagi ini siapa atau membuka ulang jilid sebelumnya untuk mencari tahu siapa karakter tersebut.
Saya melihat Osamu Tezuka begitu memperhatikan hal-hal detail dalam komik ini. Mungkin beliau sudah lebih dulu melakukan penelitian yang dalam untk mempersiapkan komik ini. Operasi Valkyrie yang merupakan usaha untuk membunuh Hitler dari dalam juga ada didalamnya. Kemudian Kapal Selam U-Boot milik Jerman juga ikut diceritakan. Kebetulan saya pernah membaca majalah yang membahas Kapal Selam Jerman yang berjudul The U-Boats (1939-1945) – Penebar Maut di Atlantik jadi serasa dejavu.
Akhir cerita, kejamnya perang hanya membawa tragedi dan kesedihan yang terus berulang. Kehilangan orang yang disayang membuat orang berubah. Awalnya sahabat akhirnya menjadi lawan. Awalnya ditindas akhirnya menjadi penindas. Berujung kepada konflik antara Israel dan Palestina yang masih terus berkelanjutan.

 

Info